Home » » 6 Tahapan Ngeblog untuk Pemula yang harus dikuasai

6 Tahapan Ngeblog untuk Pemula yang harus dikuasai

Tahapan Ngeblog untuk Pemula
Dunia blog itu sangat menyenangkan kalau tau ilmunya. Kenapa bisa gitu mas? karena di era digital sekarang ini aktifitas blogging bisa dijadikan sebagai pekerjaan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kebutuhan berbagai macam informasi membuat masyarakat tidak bisa lepas dari internet. Maka inilah pelung bagi sobat untuk menyajikan informasi apapun itu bentuknya kepada masyarakat melalui media blog.

Tahapan Ngeblog yang harus dikuasai 


Banyak kisah orang sukses karena menggeluti dunia blog yang mulanya hanya coba-coba. Bagaimana kalau dari awal sobat seriuskan ? bisa jadi hasilnya juga memuaskan kalau ditekuni.

Layaknya dunia perkuliahan, belajar Ngeblog diperlukan ilmu dasar. Pahami dulu dasar-dasarnya.

Dibawah ini ada 6 tahapan yang harus dikuasai oleh pemula untuk masuk ke dunia blogging. Kalau konsisten mempelajari dan sedikit modal untuk beli domain dalam waktu 30 hari saya yakin sobat sudah memahaminya.

1. Konsisten dengan Niat dan Tujuan Ngeblog


Ini adalah kunci utama sob. Niatkan untuk berbagi ilmu pengetahuan apapun isi blog sobat (jangan buat blog yang mengandung sara atau blog yang dilarang pemerintah yaa..).
Kalau tujuannya bebas. Ngeblog supaya bisa mendapatkan uang, supaya jadi terkenal, boleh juga.. atau ngeblog untuk arsip pribadi seperti blog kangmasian ini.

Karena ngeblog butuh ilmu dan waktu yang tidak sebentar maka niatkanlah untuk berbagi supaya tidak jenuh dan merasa sia-sia kalau blog sobat sepi pengunjung. (awal pembuatan blog).

Kalau blog sobat sudah rame dan banyak pengunjung setiap harinya. Barulah blog sobat di daftarkan dan dipasang iklan google adsense.

2. Tentukan Niche atau Topik Blog


Langkah pertama jika ingin membuat blog, sobat harus menentukan niche atau topik blog terlebih dahulu. Kenapa ? karena topik kita harus jelas. Sudah tidak zamannya lagi membuat topik gado-gado atau campuran.

Tentukan niche blog sobat…
Mau tentang apa blognya ?
-    Kesehatan
-    Teknologi
-    Internet
-    Pertanian
-    Pendidikan
-    Keuangan
-    Wirausaha

Atau blog tentang curahan hati (curhat) ? ya gak papa sob. Apapun blog sobat itu bebas niche atau topiknya. Tapi jika ingin menjadi seorang blogger usahakan jangan banyak topik dalam satu blog.

Bagaimana jika dalam benak kita punya 5 niche seperti contoh di atas. Dari kesehatan sampai pendidikan ? ya gak papa sob.. buat aja 5 blog semuanya. Itu lebih baik dari pada 1 blog diisi oleh 5 niche.

Banyak master atau pakar blogger yang mengelola ratusan blog yang sampai sekarang masih aktif dan menghasilkan dollar karena hanya diisi 1 topik saja. Jadi langkah pertama tentukan dulu topik blog sobat yaa..

Baca juga : Alat bantu Ngeblog yang digunakan Pemula sampai master

3. Gunakan Template Terbaik


Langkah selanjutnya setelah niche dibuat. Pilihlah template yang terbaik.
Terbaik dari segi apa mas ? Terbaik dari segi Kecepatan, Mobile Friendly dan Responsive.

Tidak harus beli template premium. Coba ketik kata kunci “template gratis” di google. Tapi kalau ada dana lebih bagus juga beli template yang premium.

Bagaiman jika menggunakan template bawaan blogger ?

Ya gak papa sob.. boleh saja.. tapi akan lebih bagus lagi dan terlihat professional kalau template sobat sesuai dengan niche atau topiknya. Kalau template bawaan blogger masih umum dan perlu banyak dirombak untuk sesuai dengan niche kita.

Karena fokus kita bukan design blog jadi jangan habiskan waktu kita hanya untuk mengotak atik kode template atau kelamaan pilah-pilih template.

Ada beberapa jenis template yang sering dipakai :
  • Standar / personal
  • Model Berita atau majalah
  • Toko online
  • Bisnis
  • Perusahaan atau lembaga
  • Video dan photo

Awal ngeblog saya juga disibukan dengan gonta-ganti template yang membuat saya jarang nulis dan males ngeblog. Jadi tetep lah fokus dengan tujuan sobat ngeblog.

4. Konten Lengkap (artikel, gambar, grafik, atau video)


Apa itu konten ?

Konten ni yaa.. isinya blog sobat..
Jangan Cuma tulisan aja sob.. konten lengkap adalah konten yang memiliki banyak informasi bagi pembaca. Baik itu tulisan, gambar, grafik atau video.

Tidak wajib ada semua. Minimal ada gambar itupun sudah baik. Tapi Jika ada semua data pendukung seperti yang saya sebutkan di atas maka blog sobat bisa rame dan pengunjung betah berlama lama di blog sobat.

5. Gunakan Top Level Domain (TLD)


Setelah blog sobat selesai dibuat dan sudah ada kontennya (isi blog) pada usia 1 bulan ngeblog segeralah ganti domain blog sobat dengan domain TLD. Yang termasuk domain TLD adalah domain yang berakhiran .com, .net, .org dst.

Memang tidak ada patokan harus segera ganti ke domain TLD pada usia 1 bulan. Menggunakan domain gratisanpun blog sobat tetep bisa dikunjungi. Tapi jika blog kita ditujukan untuk bisnis atau ke hal yang lebih serius kedepannya. Maka langkah terbaik adalah segera mengganti dengan TLD.

Banyak blogger yang ogah-ogahan ganti domain diawal awal membangun blog karena harus mengeluarkan biaya. Setelah blog berjalan 1 tahun barulah terfikirkan ganti domain.
Inget sob..

Ganti domain itu sama saja melahirkan blog baru. Kenapa ? karena akan merubah semua alamat blog yang telah terindex. Pengunjung blog sobat pasti turun dan banyak masalah lainya..

6. Promosi


Promosi adalah langkah terakhir. Blog sobat akan sepi pengujung kalau tidak dipromosikan. Promosi awal bisa lewat Facebook, Twitter, Google Plus dan forum-forum diskusi.

Bisa juga promosi blog sobat melalui media aplikasi mobile seperti : BBM, Whatsapp, Telegram, Line dst. Kalau blog sobat berisi informasi yang bermanfaat dan banyak dibaca oleh orang apalagi di share, berarti sobat sudah berhasil memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain.

Setiap blogger mempunya rumusan ngeblog masing-masing dan pastinya ada banyak perbedaan teknik. Tak apalah.. dunia blog itu luas.. luas sekali..

“Gunakan imajinasi dan tentukan gaya ngeblogmu” begitu kata sang master.
Terimakasih telah membca artikel berjudul 6 Tahapan Ngeblog untuk Pemula yang harus dikuasai

0 komentar 6 Tahapan Ngeblog untuk Pemula yang harus dikuasai

Hanya komentar tertentu yang ditampilkan. Jadi jangan nyepam dan promo ya sob...