10 Cara Optimasi SEO Onpage Blogger untuk pemula

Cara Optimasi SEO Onpage Blogger untuk pemula
Search Optimization Engine atau SEO adalah cara atau usaha-usaha yang dilakukan oleh pemilik website untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik pengunjung. Jika pengunjung website banyak maka posisi website akan naik ke posisi terbaik yaitu halaman pertama mesin pencarian (google).

SEO Onpage dan OffPage 

1. SEO Onpage berarti dari dalam atau halaman website itu sendiri
2. SEO Offpage berarti dari luar halaman website

Dalam kesempatan ini akan dibahas tentang SEO Onpage.

Untuk menentukan posisi website agar masuk urutan 10 besar di halaman pertama google berdasarkan kata kunci itu diperlukan beberapa langkah SEO. Memang tidak ada panduan khusus dari google mengenai hal ini. Tapi setidaknya berdasarkan pengalaman banyak blogger Optimasi SEO onpage bisa dilakukan sejak awal pembuatan blog.

Baca juga : Alat bantu ngeblog seorang blogger

Ada 10 cara optimasi seo onpage yang sobat bisa lakukan sejak awal pembuatan blog. Berikut rinciannya :

1. Pemilihan Template

Langkah real pertama ketika membangun blog adalah menentukan design atau template blog. Meskipun sudah ada template bawaan blog. Sobat dituntut untuk memiliki template yang sesuai dengan niche dan juga harus SEO.

Untuk langkah awal menentukan template gunakan 3 parameter ini : Kecepatan, Mobile Friendly dan Responsive. Jangan memilih template hanya karena tampilannya saja tapi utamakan 3 parameter di atas. Untuk blog yang berisi informatif utamakan yang mudah diakses di perangkat mobile. Sedangkan blog yang berisi tutorial atau panduan utamkan template dengan skor 80%-100% versi desktop.

2. Judul Postingan Blog

Buatlah semenarik mungkin judul blog dengan meletakan kata kunci di awal. Usahkan Judul blog panjang dan yang pasti harus relevan dengan isi blog. Jangan membuat judul yang terlalu over dan boombastis. Judul yang terlalu berlebihan tetapi tidak sesuai dengan apa yang dibahas di blog akan berdampak fatal terhadap pembaca. Pengunjung akan kecewa dan bosan. Jika sudah begitu bisa dipastikan pembaca tidak akan berkunjung lagi ke blog sobat.

3. Deskripsi Penelusuran

Sebelum artikel dipublish pastikan isi kolom deskripsi penelusuran di pojok kanan bawah setelan entri dengan deskripsi isi postingan yang singkat padat dan jelas. Pastikan kata kunci yang dibidik ada dalam deskripsi tersebut. Menurut para pakar blogger, deskripsi penelusuran ini sangat berperan dalam membatu pembaca menemukan kata kunci yang diinginkan. Blogger pemula biasanya tidak memperhatikan bagian ini padahal fungsinya sudah jelas memberikan deskripsi terhadap postingan yang ia tulis.

4. Alamat Url

Sama seperti deskripsi penelusuran, sebelum artikel dipublish pastikan alamat url tidak terlalu panjang dan harus mengandung kata kunci. Url ini adalah alamat halaman artikel yang akan ditampilkan di browser. Saran pakar blogger untuk memendekan alamat Url itu supaya mudah diingat pembaca. Meski pendek tetapi harus tetap mengutamkan kata kunci yang dibidik.

5. Tambahkan Gambar di setiap Artikel

Setiap artikel yang akan dipublish pastikan ada informasi pendukung seperti gambar, video atau info grafik. Minimal tambahkan gambar sob. Jangan lupa tambahkan atribut alt image. Jika ada gambar di dalam postingan blog sobat akan mudah ditemukan oleh pembaca yang mencari artikel melalui google image. Itulah sebabnya ada banyak gambar di google image. Sumbernya ya dari blog.

6. Artikel Panjang

Tidak ada patokan pasti berapa panjang artikel yang disukai google. Yang pasti semakin panjang artikel tersebut semakin disukai google. Banyak pakar blogger yang menganjurkan minimal 500 kata untuk setiap artikel yang akan diposting.

Tidak asal panjang ya sob.. artikel panjang menurut google itu dilihat dari segi pembahasannya. Semakin panjang bahasanya maka akan terlihat baik di mata google. Bahkan ada pakar bloger yang mangajurkan untuk menulis artikel minimal 1500 kata. Waw... bagus juga sih.. itu kalau sudah ahlinya. kalau masih pemula 500 kata juga sudah bagus sob.

7. Kata Kunci LSI

Latent Semantic Indexing atau LSI adalah kelompok kata yang masih berkaitan atau bersinonim dengan kata kunci utama yang masih dalam satu topik bahasan. Sobat harus menemuan kata kunci LSI ini sebelum menulis artikel dan menyisipkannya.

Coba ketik "Belajar blog" di google.
Lihat bagian bawah sendiri "Searches related to belajar blog" ada banyak sinonin dari kata kunci utama "Belajar blog" yang bisa dimasukan ke dalam artikel. Sinonin bukan dimaknai persamaan sepeti pelajaran di sekolah yaa.. tapi sinonin yang keterkaitan dengan kata kunci utama.

8. Internal Link

Agar pengunjung dapat menjelajah blog dengan mudah buatlah internal link yang mengarah ke postingan yang relevan. Cukup 2 sampai 3 link internal. Jangan memasukan link yang tidak relevan dengan apa yang sedang ditulis. Contoh : Sobat sedang menulis artikel tentang "Cara belajar blog" tetapi di dalam tulisan itu sobat masukan link "Tips menghilangkan jerawat untuk remaja 17 tahun".

Contoh yang relevan : Di dalam artikel "Cara belajar blog" sobat sisipkan link "Cara memasang menu navigasi blog".

9. Buatlah Konten yang Berkualitas

Konten atau isi blog akan dianggap berbobot jika mengandung banyak informasi yang dibutuhkan pembaca. Lengkapi postingan dengan gambar atau video yang mendukung. Jangan 100% full asal copy paste ya sob..

Pastikan sumber informasi yang akan di tulis di blog jelas asalnya atau minimal hasil praktek sendiri. Kalaupun terpaksa harus copy paste minta izinlah dari pemiliknya dan lampirkan sumber asal informasi tersebut.

10. Tombol Navigasi Sosial Sharing

Pasanglah tombol sharing media sosial di blog sobat. Sekarang ini banyak informasi yang bisa diviralkan melalui media sosial seperti facebook dan twitter. Meskipun tidak berdampak langsung terhadap SEO tapi dengan adanya informasi yang viral itu pengunjung akan mengenal blog sobat.

Setiap blogger mempunyai rumusan konsep SEO onpage yang berbeda – beda. Dari sekian banyak perbedaan itu pasti ada beberapa konsep yang sama. Jadi jangan binggung yaa.. sesuaikan saja dengan pengetahuan dan kemampuan sendiri untuk meracik seo onpage.

10 Komentar untuk "10 Cara Optimasi SEO Onpage Blogger untuk pemula"

  1. apakah cara di atas masih relevan di tahun 2018 ini mas? mengingat algoritma google selalu berubah, mohon responnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih gan.. tahun 2018 ini fokus ke kualitas konten dengan penambahan keyword LSI

      Hapus
  2. masukan dari saya ya mas ian, bahwa point no.10 itu bukan termasuk SEO on Page, tapi Seo offpage. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks om koreksinya...
      maksdunya itu tombol navigasi medsos ^_^

      Hapus
  3. wah artikel nya bagus sekali pas buat saya yang lagi belajar ngeblog. sekalian saya mau tanya mas apakah mas kira kira berapa lama blog kita akan mendatangkan visitor jika sudah menerapkan cara diatas. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2-3 bulan biasanya sudah terlihat hasilnya gan.. tergantung usaha masing2.. ^_^

      Hapus
  4. Klo untuk alexa 2018 ini ada pengarih gak, jadi patokan bahwa nilainya kecil jadi blog yg bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak memakai metrik alexa gan.. sudah lama alexa tidak dijadikan patokan.

      untuk saat ini sebagian besar blogger menggunkan matrik DA/PA (MOZ) dan TF/CF (majestic).

      Hapus
  5. bisa nih dicoba
    cuman masalahnya blog saya pernah kena ky jingling gitu dan efeknya kerasa smp skrg, ngatasinnya gmn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aktfin aja gan settingan robot.txt khusus

      isi dengan ini :

      User-agent: Mediapartners-Google
      Disallow:

      User-agent: Googlebot
      Allow: /

      Disallow: /search
      User-agent: *
      Disallow: /

      Sitemap: http://www.blogsobat.com/sitemap.xml

      ganti dengan url blog agan

      Hapus
Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel