Jenis Jenis Domain untuk Ngeblog

Jenis Jenis Domain untuk Ngeblog
Sudah tau kan sob apa itu Domain ? Simplenya domain itu alamat. Domain sebagai nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti email server atau web server di jaringan internet atau komputer. Contoh domain blog ini adalah “kangmasian.com”. Domain juga dikenal dengan istilah  alamat website atau URL.

Jenis domain berdasarkan level dan masa hidupnya


Tidak akan ada nama domain yang sama diseluruh dunia internet ini. Pasti berbeda beda. Domain tidak hanya deretan huruf tapi bisa juga gabungan huruf dan angka seperti : berita1.com, catatan212.com, 7elemen.com dst.

Baca juga : Adsense - Perbedaan akun Hosted dan non Hosted  

A. 4 Jenis domain berdasarkan levelnya

  1. Top Level domain (TLD) : adalah deretan abjad di belakang dot (.) contohnya : .com, .net, .info, .id. untuk domain yang berakhiran .com digunakan secara umum. Untuk .net digunakan untuk website bersifat jaringan. Untuk .info website bersifat informasi. Sedangkan .id digunakan secara umum yang menandakan website berasal dari Indonesia.
  2. Second Level Domain (SLD) : adalah deretan abjad di depan dot (.) dari suatu nama domain. Contoh : nama domainnya adalah blogspot.com, maka blogspot adalah SLD dan .com adalah TLD. Dan inilah yang disebut nama domain. Yaitu gabungan antara SLD dan TLD.
  3. Third Level Domain : adalah level ketiga setelah TLD dan SLD. contohnya: .cn.com, .us.com, .br.com, atau ada juga domain yang gratis seperti cz.cc dan co.cc.
  4. Sub Level Domain : adalah sub selain TLD dan SLD atau nama tambahan. Contohnya : nama domain utamanya adalah wordpress.com dan blogspot.com. maka sobat dapat membuat sub domainnya. Missal : masriki.wordpress.com dan masriki.blogspot.com

B. Jenis domain berdasarkan fase hidup

  1. Fresh Domain : adalah domain baru yang masih fresh belum mempunyai jejak atau history di internet dan baru pertamakali didaftarkan.
  2. Active Domain : adalah domain yang sudah dibeli dan masih aktif dalam jangka waktu tertentu. Minimal masa aktif biasanya 1 tahun.
  3. Expired Domain : adalah domain sudah kadaluarsa atau berakhir masa aktifnya dan tidak lagi diperpajang oleh pemiliknya. Domain jenis ini sangat berharga dan diburu oleh banyak blogger karena sudah berumur, memiliki popularitas, riwayat, ranking, dan juga backlink.
  4. Deleted Domain atau Dropped Domain : adalah domain yang sudah melewati masa expired dan tidak diperpanjang lagi oleh pemiliknya. Jika didaftarkan lagi, domain ini akan terlihat berumur sangat muda istilahnya domain reborn.
Itulah beberapa jenis domain yang perlu sobat ketahui jika ingin merubah alamat blog. Tidak wajib dirubah sih… tergantung dari tujuan sobat membuat blog itu sendiri… ada kelebihan dan kekurangan untuk setiap jenis domain di atas. Sobat sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Baca juga :  EZkeyword - Aplikasi Riset Keyword Terbaik Kampung Blogger Indonesia

C. Tips memilih domain untuk blogger pemula

  • Untuk sobat yang ingin ngeblog tanpa modal (tanpa beli domain dan sewa hosting) gunakan blogger.com atau wordpress.com Blogger.com (blogspot) dan Wordpress.com bisa digunakan untuk website pribadi maupun web toko online. Tetapi untuk wordpress.com tidak dapat dimonetize dengan Google Adsense
  • Pilih domain sesuai niche atau topik blog
  • Untuk web toko online atau blog jualan sobat bisa gunakan nama domain yang sesuai brand, merk, jasa/produk.
  • Buatlah nama domain yang singkat, padat, mudah diingat, jelas,  gampang ditulis dan mudah diucapkan.
  • Usahakan nama domain jangan terlalu panjang maksimal 15 karakter atau 3 kata.
  • Jangan gunakan nama-nama domain yang mengarah ke SARA, Po*rn dan Gambling.
  • hindari nama domain dengan angka dan tanda hubung “–“
  • brand Anda memang seperti itu
  • Hindari nama domain yang mirip situs popular atau  merk/brand orang lain
  • Urutan domain yang paling banyak dibeli adalah : pertama (.com) kedua (.net .org .co .us .biz .info .id) ketiga ( .win .top .pw .bid .site .xyz)
  • Beli domain dari registrar yang terpercaya, seperti :  namecheap.com, name.com, godaddy.com, alpnames.com, uniregistry.com, dan enom.com. untuk yang lokal (Indonesia) bisa beli di Niagahoster.com, Rumahweb.com, Dewaweb.com
  • Alternatif pembayaran domain pada register internasional adalah: PayPal, Credit Card, VCN, VCC. Jadi pastikan sobat memiliki saldo yang cukup untuk membeli domain.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Domain untuk Ngeblog"

Posting Komentar

Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel