Jenis-Jenis Blog yang Wajib Diketahui oleh Blogger Pemula

Jenis Blog yang Wajib Diketahui oleh Blogger Pemula
Pernahkah sobat mencari artikel tertentu dan hanya dibawa muter-muter, klik sana, klik sini, gak jelas dan akhirnya artikel yang dicari tidak ada ? Yup’s  itu adalah ulah para blogger yang suka membuat blog spam yang tujuanya hanya mencari visitor tanpa memperhatikan kualitas konten blognya. Atau mungkin sobat sering mengalami, mencari artikel di 5 blog berbeda tapi isinya sama saja ? itu juga ulah para blogger copas (copy paste) yang hanya mencari cara cepat membangun blog tanpa mau menulis sendiri.

Jika sobat ingin belajar ngeblog, usahakan mulai belajar menulis sendiri sob, pelan tapi pasti sobat akan terbiasa nantinya. Kalaupun harus copas, pastikan jangan 100%. Copas inti artikelnya dan buat artikel baru dengan gaya bahasa sobat sendiri.

Ada banyak jenis blog yang bertebaran di internet. Dari yang bermanfaat sampai blog abal-abal yang tidak ada manfaatnya.  Berikut ini adalah pembagianya :

A. Blog Berdasarkan Platform

1. Blog Gratis 

Adalah blog yang Rp. 0,- tanpa biaya untuk membuatnya, karena tidak memerlukan domain dan hosting. Artinya tidak ada biaya bulanan. Domain dan hosting telah disedikan jadi sobat tinggal daftar saja. Contoh : wordpress.com dan blogspot.com

Baca juga : 10 Alasan Mengapa Blogger Pemula Harus Belajar Blogspot

2. Blog berbayar : Self-Hosting Blog

Adalah blog yang memerlukan biaya bulanan sampai tahunan karena harus membeli domain dan menyewa hosting. Besar atau kecilnya biaya ini tergantung dari paket yang sobat gunakan. Untuk membeli domain .com rata-rata harga pertahunnya sekitar Rp. 150.000,- sedangkan untuk hosting sekitar Rp. 300.000 pertahun tergantung dimana sobat membeli dan menyewa hostingya. Contoh blog berbayar adalah blog yang menggunkan platform Wordpress.org.

3. Blog Citizen Journalism

Adalah blog yang ditulis atau diposting oleh masyarakat umum dan platform nya sudah disedikan oleh pihak tertentu, bisa perusahaan atau media online. Blog jenis ini biasa disebut blog lokal. Contohnya Blogdetik dan Kompasiana.

B. Blog Berdasarkan Isinya

1. Blog Niche 

Blog niche adalah blog yang kontennya membahas satu topik saja. Tidak campur aduk dengan topik yang tidak relevan. Contoh : Blog yang membahas seputar dunia blogging. Isi blognya ya seputaran ilmu ngeblog (SEO, offpage, onpage, tips, trik, thema, plugin dst). Blog kesehatan (info gaya hidup sehat, jerawat, kecantikan, perawatan kulit, dst).

2. Blog General 

Blog general adalah blog umum alias campuran (gado-gado). Blog ini membahas banyak topik. Bisa kesehatan, teknologi, pendidikan, politik, budaya dst. Semua dicampur dalam satu blog. Blog seperti ini banyak dibuat oleh blogger jurnalistik contohnya adalah blog berita.

C. Blog Berdasarkan Tujuannya

1. Blog Personal

Blog personal adalah blog pribadi yang isinya tentang aktifitas pribadi. Kalau sobat seorang aktifis (tokoh) di kampus atau dimasyarakat baiknya memiliki blog personal. Tujuannya untuk mendokumentasikan kegiatan dan tulisan-tulisan penting. Contoh blog personal : blog yang berisi kegiatan traveling.

2. Blog Personal Branding 

Blog personal branding adalah blog yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau brand tertentu. Jadi jenis blog ini memiliki misi yang tertarget. Biasanya bahasa yang digunakan semi formal dan lebih cendrung bahasa formal.

3. Blog Monetisasi

Blog monetisasi adalah blog yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan secara finansial. Blog jenis ini dioptimasi dengan ilmu SEO, baik offpage maupun onpage agar mendapatkan rangking halaman pertama mesin pencari.

Baca juga : 5 Alasan Adsense sebagai Tolak Ukur Keberhasilan Seorang Blogger

D. Blog Berdasarkan Format kontennya

1. Vlog

Vlog adalah blog yang isinya berupa konten video. Jenis blog ini biasanya paling banyak dibuat oleh kalangan artis atau tokoh terkenal yang banyak pengemarnya. Jadi ketika dishare akan cepat viral dimedia online.
Media yang digunakan untuk memposting video ini biasaya youtube dan facebook.

2. Photoblog

Photoblog adalah blog yang isinya berupa konten gambar. Sama seperti Vlog, photoblog paling banyak dibuat oleh artis-artis ternama atau tokoh terkenal yang sering berfoto selfie. Jika sobat suka berfoto dan hoby mengoleksi foto-foto unic bisa juga membuat photoblog. 

3. Audioblog

Audioblog adalah blog yang isinya berupa konten suara. Format yang paling sering digunakan adalah .MP3. audioblog lebih cenderung ke blog download. Blog jenis ini banyak digunakan untuk mengshare musik.

E. Blog Berdasarkan Kualitas

1. Blog unique

Blog unique adalah blog yang isi kontennya tidak ada yang menyamai di blog lain. Artinya tidak ada plagiat atau duplikat konten di blog lain. Blog jenis ini sudah dipastikan hasil tulisan sendiri meskipun masih ada blogger yang menggunakan teknik spin agar mendaptkan tulisan yang unik.

2. Blog Copas

Blog copas adalah blog yang seluruh artikelnya hasil dari copy paste dari blog orang lain. Inilah tipe blogger yang dibenci oleh banyak kalangan. Jauhi jenis blog ini ya sob.. kalau memang belum bisa nulis sendiri sobat bisa membeli atau menggunakan jasa penulis artikel untuk mengisi blog sobat.

3. Blog AGC

Blog AGC (Auto Generated Content) Adalah blog yang mengambil konten dari blog orang lain secara otomatis. Blog jenis ini lebih jahat dari pada blog copas. Kalau copas masih ada usaha untuk mengcopy dan mempaste. Sedangkan AGC sudah secara otomatis terposting di blog.

Kesimpulan :
Saran saya, buatlah minimal 2 blog sob. Satu blog pribadi dengan domain TLD. Satu lagi Blog Monetisasi. Blog pribadi untuk sharing ilmu, sedangkan yang monetisasi untuk fokus cari pendapatan secara online.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Blog yang Wajib Diketahui oleh Blogger Pemula"

Posting Komentar

Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel