SEO Offpage – Cara Membangun Backlinks untuk Blog

Cara Membangun Backlinks untuk Blog
Pengertian Backlinks - Backlink adalah link yang ditanamkan di suatu blog atau website dan mengarahkannya ke blog kita. Bahasa simplenya tautan balik dari situs lain. Semakin banyak jumlah link yang tertanam dan mengarah ke blog sobat maka semakin bagus di mata google. Backlink yang baik adalah backlink yang berasal dari blog authority (bukan blog spam).

Jenis - jenis Backlinks

Ada 2 jenis backlink yang perlu sobat ketahui yaitu : Backlink DoFollow dan Backlink NoFollow. Berikut ini penjelasannya  :
  • Backlink DoFollow  adalah jenis backlink yang dapat dirayapi/ditelusuri/dijelajahi/diikuti oleh mesin pencari sampai ke akarnya.
  • Backlink NoFollow adalah jenis backlink yang tidak dapat dirayapi/ditelusuri/dijelajahi/diikuti oleh mesin pencari. Jadi backlink NoFollow ini akan diabaikan oleh mesin pencari (google).

Baca juga : Kriteria Blog Sehat yang Harus Diketahui oleh Blogger Pemula  

Manakah yang terbaik ?

Kedua jenis backlink ini sama-sama memberikan kontribusi dalam urusan SEO Offpage. Tetapi yang lebih banyak digunakan dan memiliki nilai yang signifikan adalah Backlink Dofollow.

Cara membangun Backlinks untuk blog

1. Menggunakan Media Sosial

Media Sosial adalah cara paling mudah untuk menanam backlink. Setelah posting di blog, sobat tinggal share URL artikel ke media sosial disertai sedikit penjelasan. Ada banyak medsos yang bisa sobat gunakan seperti : Facebook, twitter, Instagram, pinterest, google+ dst.

Rajin-rajinlah share artikel di Facebook, twitter, Instagram, pinterest dan google+. Usahakan jangan menggunakan tools otomatis. Tetapi lakukan secara manual, copy URL postingan dan paste ke medsos agar lebih terlihat natural.

2. Menjadi Guest Blogger

Menjadi tamu di blog yang sudah populer adalah cara yang lumayan ampuh untuk mendapatkan backlink sekaligus visitor dari blog populer tersebut. Sobat menulis artikel sesuai dengan topik blog, setelah itu dibagian biografi pasang link menuju blog sobat.

Sayangnya tidak semua blog mengizinkan pengunjung untuk berpartisipasi sebagai tamu diblognya. Salah satu contoh blog yang mengizinkan pembacanya untuk menulis artikel di blog adalah blog juragan cipir di situs http://juragancipir.com/kirim-artikel/

Jika sobat menemukan blog bagus dan sesuai dengan topik blog yang sobat kuasai, hubungi pemiliki blog tersebut, sampaikan bahwa sobat ingin menjadi Tamu Blog, jika diizinkan,buatlah artikel yang bermanfaat sesuai topik blog yang sobat kunjungi dan kirimkan ke pemilik blog tersebut agar diposting.

3. Rajin Blogwalking

Blogwalking atau jalan-jalan mengunjungi blog orang lain adalah aktifitas paling nyantai dalam berburu backlink. Jika ketemu blog yang bagus dan memiliki nilai DA/PA atau TF/CF yang tinggi (minimal 10) jangan lupa selalu tinggalkan komentar dipostingannya.

Umumnya komentar di blog menggunakan backlinks jenis NoFollow (tidak dirayapi mesin pencari). Oleh karena itu pastikan jejak komentar yang sobat tinggalkan adalah komentar yang berkualitas (berisi informasi, pertanyaan, masukan atau saran). Tujuan komentar berkualitas untuk menarik perhatian pengujung lain. Harapannya pengunjung itu membuka link blog sobat.

4. Melalui Forum Signature

Sekarang ini banyak forum di internet, mulai dari forum belajar online, komunitas internet marketing, Forum publisher dst. Sobat harus mendaftar agar bisa masuk di forum-forum tersebut. Biasanya hanya mensyaratkan Email dan Username untuk mendaftar pertamakali. Setelah terdaftar, lengkapi profile akun sobat dan dibagian Signature atau tanda tangan beri link menuju blog sobat.

Contoh forum online :
https://ads.id/forums/index.php - forum publihser indonesia
https://www.kaskus.co.id/ - forum diskusi banyak hal
https://www.bersosial.com/ - forum internet
http://juragancipir.com/forums/ - forum diskusi internet

5. Menggunakan Situs Social Bookmarking

Sosial bookmark adalah sebuah situs yang memberikan akses pengguna internet untuk mem-bookmark sebuah halaman blog secara online. Dari situs inilah sobat bisa menyelipkan link yang menuju blog sobat.

Contoh daftar situs social bookmarking
  • linkedin.com
  • Bibsonomy.org
  • pinterest.com
  • slashdot.com
  • stumbleupon.com
  • digg.com
  • scoop.it
  • delicious.com
  • newsvine.com

Baca juga :  Cara Blogger Mendapatkan Gambar Untuk Bahan Postingan Blog 

6. Menggunakan Web 2.0

Web 2.0 biasa digunakan untuk membuat blog gratisan dan membangun banyak backlink. Umumnya pemain Internet marketing (IM) menggunakan web 2.0 untuk membantu optimasi SEO Offpage (backlink).

Berikut ini adalah daftarnya :

PageRank  9 - http://www.wordpress.com
PageRank 8 - http://www.blogger.com
PageRank 8 - https://www.tumblr.com
PageRank 8 - http://www.weebly.com
PageRank 8 - http://www.livejournal.com

PageRank 7 - http://edublogs.org
PageRank 7 - https://www.yola.com
PageRank 7 - http://www.webs.com
PageRank 7 - http://www.bravenet.com
PageRank 7 - http://www.angelfire.lycos.com

PageRank 6 - http://www.kompasiana.com
PageRank 6 - http://www.blog.com

PageRank 5 - http://blogdetik.com
PageRank 5 - http://www.blogdrive.com
PageRank 5 - http://jigsy.com

PageRank 4 - http://ohlog.com
PageRank 4 - http://www.problogs.com
PageRank 4 - http://www.mywapblog.com
PageRank 4 - http://moblog.net
PageRank 4 - http://www.fotopages.com

PageRank 3 - http://www.inube.com
PageRank 3 - http://www.blogigo.com
PageRank 3 - http://www.insanejournal.com

Untuk blog baru jangan langsung bangun backlink ya sob.. minimal usia 1 bulan baru diberi backlink. Memang tidak ada aturan khusus tentang waktu pasang backlink. Hanya saja jika terlalu dini memasang backlink akan dianggap blog spam oleh mesin pencari terutama google.

Belum ada Komentar untuk "SEO Offpage – Cara Membangun Backlinks untuk Blog"

Posting Komentar

Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel