Ditolak Google Adsense : Tips Mengatasi Masalah Konten Tidak Memadai

Tips Mengatasi Masalah Konten Tidak Memadai
Sakitnya ditolak Google Adsense itu biasa bagi yang sudah terbiasa. Beda dengan blogger pemula, serasa ditolak saat pendaftaran PNS. Mematahkan semangat ngeblog. Hampir semua blogger pernah mengalami penolakan. Saya sendiri bolak balik ditolak GA. Mungkin lebih dari 10 kali penolakan.

Ditolak itu lebih baik dari pada di PHP in sob… jelas dan tegas ada surat pemberitahuan ditolaknya karena apa. Beda dengan di PHP in.. status pengajuannya lama gak ada jawaban. Ada yang sampai berbulan-bulan belum juga ada jawaban. Kalau sudah di PHP in yaa.. cancel aja pengajuannya.

Penyebab ditolak Google adsense karena masalah konten tidak memadai

1. Jumlah artikel blog masih sedikit

Penyebab yang paling umum dialami blogger pemula adalah terburu-buru daftar GA. Artikel baru nulis beberapa hari langsung didaftarkan GA. Alasannya karena ingin segera mendapatkan uang dari internet. Semangatmu gak salah sob.. tapi disana ada proses yang harus sobat lalui. Usahakan blogmu ada 30an artikel (blog bahasa Indonesia) dan usia blog minimal 1 bulan.

Baca juga : Cara Daftar Google Adsense Menggunakan Domain TLD
 

2. Jumlah kata dalam artikel sangat sedikit

Memang tidak ada yang tau berapa aturan pasti jumlah kandungan kata dalam satu artikel. Yang pasti, google sangat menyukai artikel dengan informasi sedetail mungkin. Jika memungkinkan kupas sampai habis setiap topik artikel yang disajikan.

Menurut beberapa pakar SEO, jumlah kata yang direkomendasikan untuk daftar google adsense supaya cepat diterima adalah 500 kata per artikel. Lebih banyak tentu lebih bagus sob..

3. Blog baru dibuat dan masih dalam tahap editing

Dikatakan blog baru dibuat itu kalau sobat masih sering otak atik settingan blog. Fokus pembuatan blog sampai selesai baru fokus ke artikel.
Selesaikan settingan (edit template, widget, webmaster, dst) dalam waktu 2-3 hari. Setelah itu baru fokus ke pembuatan konten. Jangan sampai setelah daftar GA malah sibuk otak atik blog. Kalau sudah diterima GA, sobat bebas mau edit kapanpun.

4. Navigasi blog kurang jelas

Masalah navigasi blog ini berkaitan dengan menu-menu yang memudahkan pengunjung dalam menjelajahi blog sobat. Pasang menu navigasi berdasarkan label di bagian atas. Pastikan sudah terLink semua. Untuk bagian sidebar pasang : widget pencarian, popular post, recent post, label dan widget google plus.

Untuk halaman wajibnya pasang ini dibagian atas : about, contact, sitemap, disclaimer, privacy policy dan terms of service.

5. Blog berisi banyak gambar atau video

Untuk pengajuan GA, tim google adsense tidak akan menerima blog dengan konten video. Blog dengan banyak gambar juga tidak luput dari penolakan. Pastikan sobat jangan membuat blog wallpaper (blog gambar) dan blog film untuk pengajuan GA.

6. Salah dalam menempatkan kode iklan

Analisa terakhir penyebab penolakan GA karena masalah konten tidak memadai bisa jadi sobat salah dalam menempatkan iklan. Tim GA menyarankan agar kode iklan ditempatkan dihalaman aktif di blog sobat.

Dari beberapa referensi yang saya baca, maksud halaman aktif adalah setidaknya ada satu unit iklan yang selalu tampil atau tayang di blog sobat.

Baca juga : Yang Harus Dilakukan pada Saat Blog dalam Masa Review Google Adsense 

Tips mengatasi penolakan google adsense konten tidak memadai

Berikut ini ada beberapa tips berdasarkan pengalaman saya pribadi dan referensi pengalaman sahabat blogger di forum-forum yang pernah saya baca.
  1. Buatlah minimal 30 artikel. Kalau blog baru, coba buat 1 artikel perhari selama 1 bulan. Dibulan kedua barulah daftar google adsense.
  2. Dalam penulisan artikel buat standar jumlah penulisan kata. Minimal 500 kata per artikel. Jika mampu, buat 1.000 kata. Google menyukai blog yang kaya akan informasi.
  3. Jangan mendaftar google adsense jika belum selesai tahap editing, pastikan semuanya selesai dan tidak diotak atik lagi. Selesaikan edit template, edit widget, edit setinggan dst..
  4. Pastikan navigasi blog jelas. Pasang menu statis di bagian atas per label. Buat 1 artikel 1 label. Jangan didouble 1 artikel banyak label.
  5. Pada saat penempatan kode iklan google adsense (review kedua) tempatkan kode iklan dibagian sidebar, di bawah menu atau di header.
  6. Isi satu artikel dengan 1 gambar. Jika sudah diterima google adsense (full approve) sobat bisa isi dengan banyak gambar.
  7. Jangan beri video pada postingan.

Sobat harus tau :

  • Setiap blogger mempunyai cara dan tips daftar GA yang berbeda-beda.
  • Ilmu mereka berdasarkan pengalaman (trial and error).
  • Untuk blog bule (bahasa inggris) 10 artikel sudah bisa didaftarkan GA.
  • Tidak ada yang bisa menjamin setiap tips daftar GA selalu diapprove.
  • Kalaupun ada blog yang tidak sesuai kriteria GA tapi diterima (approve), itu karena tim review google adsense mempunyai pertimbangan sendiri.
  • Pendaftaran google adsense memang penuh misteri. Ada pengalaman beberapa blogger diapprove GA padahal : blog baru dibuat usia dibawah 1 bulan, artikel dibawah 10, blog gado-gado, blog copas, blog mantan baned, blog spin dst..
Temukan metode dan caramu sendiri sob.. jika sobat berhasil sekali saja diterima GA atas usaha sendiri, sobat akan bisa mengetahui dan memahai selah-selah mana yang kurang jika dikemudian hari mendaptkan penolakan dari GA.

6 Komentar untuk "Ditolak Google Adsense : Tips Mengatasi Masalah Konten Tidak Memadai "

  1. Nice Artikel gan,, thx udah shere,,,
    q mau nanya sama yang nomor 5 diatas pada bagian Blog berisi banyak gambar atau video

    Pertanyaannya menyangkut GA gan,, apakah tidak bakalan diterima sama Ga kalau blog kita berisi gambar?? nah di blog aku kan kebanyakan tutorial soalnya menyangkut komputer,, jadi Please mohon pencerahannya gan,, :) makasih banyak sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk postingan yang berisi banyak gambar baiknya di masukin draf dulu gan... baru daftar GA.

      kalau mw tetap banyak gambar karana artikel tutorial (gambarnya penting semua) maka jumlah tulisannya harus jauh lebih banyak.

      Kalau saya biasanya 500 kata = 1 gambar. kalau mw postinganya ada 2 gambar maka jumlah kata dlam 1 artikel harus lebih dari 500 kata.

      Kalau sudah diterima GA bebas mw isi gambar berapapun.

      Hapus
    2. Owgh jadi begitu gan,,tapi Ribet juga ya kalau 1 gambar saja harus 500 kata. lebih baik q kasih masuki didraf saja dulu,,
      saya blum coba daftar adsense baru baca" saja karna umur blog q juga baru 3 blan nanti insya allah kalau dah 6 bulan,,hehee doain ya gan.. Terimakasih banyak atas masukannya, Moga sukses terus gan.. Amin Fighting

      Hapus
    3. 1 gambar 500 kata itu hasil pengalaman pribadi sob.. bukan ilmu pasti.. mungkin tiap orang beda2 caranya.
      kenapa gak dirubah ke TLD aja domainnya ? biar gak nunggu 6 bulan..

      Hapus
  2. Terima kasih infonya sangan berguna. Saya ingin nanya soal poin peletakan kode iklan. Saya meletakan 2 iklan. Di header dan navigasi. Apa tidak menjadi masalah gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk masalah gan.. asalkan navigasi submenu tidak di atas kode iklan.. [menghindari klik tidak sengaja]. Jika mw dipasang di bawah navigasi, jangan kasih sub menu

      Hapus
Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel