Strategi Pemasaran Produk Untuk Anda Yang Ingin Memulai Bisnis

Memulai bisnis dengan cara menjual produk tentunya masih menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat. Tentunya dibutuhkan strategi pemasaran produk yang benar dan tepat agar produk yang anda miliki bisa dikenal oleh orang banyak. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini akan dipaparkan beberapa strategi pemasaran yang bisa anda lakukan.
Strategi Pemasaran Produk


Mengenal pasar dan target pasar


Dalam hal ini anda perlu mengetahui kegunaan dan kualitas produk yang hendak dijual. Apakah produk yang anda miliki adalah produk terbaru atau yang sudah banyak yang menjualnya. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan penting dalam mengatur strategi pemasaran produk yang efektif. Jika produk tersebut adalah produk yang baru, maka anda mempunyai jangkauan area yang luas dalam memasarkan produk. Tetapi jika produk tersebut sudah banyak yang menjualnya, maka anda perlu mengenal dengan baik berbagai kelemahan produk yang memang dijual oleh saingan anda.

Anda pun harus bisa memperbaiki produk yang anda jual agar bisa mendapatkan perhatian para konsumen. Pastinya konsumen akan lebih tertarik terhadap produk yang mempunyai lebih banyak kelebihan jika dibandingkan dengan kelemahan. Tidak hanya mengenal pasar saja, tetapi anda juga harus memahami target atau sasaran market produk yang akan dijual. Dalam hal ini, anda harus mengetahui produk tersebut akan dijual kepada siapa? Apakah kepada kaum tua, muda, atau anak-anak? Tentunya anda perlu memikirkan hal ini agar bisa menentukan kapan dan dimana anda akan melakukan promosi.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Google

Strategi pemasaran produk yang efektif dengan menciptakan produk berkualitas


Tentunya membuat produk yang berkualitas dan sesuai dengan target pasar merupakan sebuah awal yang baik saat akan memulai bisnis. Kualitas yang dimaksud mulai dari bahan baku yang digunakan, proses pembuatan, sampai terciptanya sebuah produk. Ketika anda membuat produk yang berkualitas, tentunya tanpa anda sadari anda sudah membantu proses pemasaran. Karena semua orang akan lebih memilih produk berkualitas dibandingkan dengan produk abal-abal. Selain itu, proses pembuatan produk yang berkualitas ini tidak bisa terjadi begitu saja, tetapi memerlukan waktu dalam mereview produk yang telah dihasilkan sampai akhirnya produk tersebut benar-benar sesuai dengan harapan anda.

1. Membuat kemasan yang menarik untuk produk

Dalam strategi pemasaran produk tentunya anda harus bisa memperhatikan berbagai aspek. Salah satunya adalah produk yang akan dijual. Tidak hanya menampilkan tampilan yang menarik saja, tetapi harus ada juga sesuatu yang akan membuat produk tersebut berkesan bahkan bisa diingat oleh para konsumen. Untuk membuat desain yang menarik pada kemasan produk, maka anda memerlukan tenaga desainer yang berbakat.

2. Memilih lokasi pemasaran dengan tepat

Pastinya hal yang paling utama yang ada di benak anda ketika akan melakukan promosi produk yaitu dimana akan memasarkan produk yang telah dihasilkan. Strategi sebelumnya akan menjadi penentu dalam menentukan dimana anda nantinya akan menjual produk. Misalnya saja target pasarnya adalah anak sekolah, tentunya anda perlu memilih lokasi pemasaran yang memang dekat dengan lokasi sekolah tersebut. Anda dapat memasang banner promosi di tempat-tempat tersebut yang memungkinkan untuk mereka melihatnya.

3. Tawarkan promo

Sudah pasti bahwa setiap orang sangat menyukai promo produk. Maka dari itu, anda bisa menjadikannya sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif. Jika anda menawarkan produk baru kepada mereka, maka tawarkanlah promo yang menarik agar para calon konsumen yang awalnya hanya melihat-lihat saja bisa langsung tertarik dan dapat menjadi pelanggan tetap dikarenakan anda menawarkan kualitas produk yang bermutu. Namun promo yang anda lakukan juga harus didasari dengan perhitungan untung rugi. Jangan sampai promo yang dilakukan justru akan membuat anda bangkrut. Sehingga solusi terbaiknya adalah membatasi promo misalnya saja promo hanya berlaku untuk 3 atau 4 hari saja.

4. Memanfaatkan media online

Saat ini hampir sebagian masyarakat telah memiliki gadget atau smartphone. Sehingga hal ini haruslah masuk ke dalam strategi pemasaran yang efektif. Anda bisa memasang iklan atau melakukan pemasaran di marketplace, website, atau beberapa media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, hingga Instagram.

Baca juga : Rahasia Sukses Ngeblog Kampung Blogger ala Sumbodo Malik

5. Menjadi sponsor sebuah kegiatan

Tahukah anda bahwa menjadi sponsor kegiatan akan sangat efektif dilakukan sebagai strategi untuk memasarkan produk baru. Cara pemasaran seperti ini dapat dilakukan secara offline maupun online. Misalnya anda memiliki bisnis yang menjual bahan makanan seperti tepung terigu, kemudian menjadi salah satu sponsor pada lomba membuat kue. Maka pada saat kegiatan tersebut berlangsung, tentunya bahan makanan yang digunakan peserta adalah produk anda.

Beberapa cara yang telah dipaparkan di atas tentunya sangat ampuh anda gunakan sebagai strategi pemasaran produk, bahkan oleh pemula sekalipun. Dan produk yang inovatif merupakan produk yang sangat disukai oleh orang banyak. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Strategi Pemasaran Produk Untuk Anda Yang Ingin Memulai Bisnis"

Posting Komentar

Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel