Cara Mengatasi HP Lemot Agar Ngebut Lagi

Cara mengatasi HP lemot perlu Anda ketahui sebagai pengguna aktif alat komunikasi ini. Sebab, tidak bisa dipungkiri, sebesar apapun RAM yang dimiliki sebuah handphone, lambat laun akan mengalami kelambatan dalam bekerja alias lemot. Untuk membuka satu aplikasi saja, dibutuhkan waktu beberapa detik. Hal ini pastinya akan membuat Anda tidak nyaman saat menggunakannya. Apa sebenarnya yang membuat HP menjadi lemot? Dan, bagaimana pula cara mengatasinya? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya. Bagi Anda yang mengalaminya, bisa melakukan cara-cara mengatasinya tersebut.
Cara Mengatasi HP Lemot

Cara Mengatasi HP Lemot

1. Hindari Menggunakan Beberapa Aplikasi secara Bersamaan

Melakukan kegiatan secara multitasking memang membuat Anda lebih bisa menghemat waktu. Sambil menunggu respons dari satu aplikasi membuka, Anda bisa membuka aplikasi lainnya, kemudian balik lagi ke aplikasi yang pertama saat respons sudah datang. Atau, Anda memang sengaja membuka beberapa aplikasi agar saat dibutuhkan dapat dengan cepat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Terasa simpel memang.

Namun sayangnya, membuka aplikasi secara bersamaan dapat membuat handphone menjadi lemot. Sebab, tugas prosesor sebagai otaknya HP menjadi sangat berat. Oleh karena itu, jangan biasakan membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Ringankan beban prosesor dengan hanya membuka satu aplikasi saja. Jika sudah tidak digunakan dan ingin membuka aplikasi lainnya, silahkan tutup terlebih dahulu aplikasi yang pertama. Dengan begitu, kinerja HP akan lebih cepat kembali.

Baca juga : Aplikasi Android Paling Berguna Untuk Kebutuhan Sehari-Hari

2. Menonaktifkan Notifikasi dari Aplikasi

Biasanya, beberapa aplikasi selalu memberikan notifikasi tentang hal-hal terbaru dari aplikasi tersebut. Sebenarnya, ini sangat menguntungkan bagi Anda karena dapat mengetahui apa yang harus dilakukan terkait aplikasi tersebut agar selalu update. Hanya saja, ternyata pemberitahuan atau notifikasi ini memakan kerja prosesor.

Bayangkan jika di dalam handphone Anda ada banyak aplikasi yang selalu aktif memberikan notifikasi, sudah pasti prosesor juga akan lebih keras dalam bekerja. Inilah yang membuat HP menjadi lemot. Oleh karena itu, sebaiknya seleksi beberapa aplikasi yang memang Anda butuhkan notifikasinya dan nonaktifkan untuk aplikasi yang lainnya.

3. Menghapus Cache secara Berkala

Cache atau data sampah terkadang tidak pernah Anda perhatikan. Padahal, dalam setiap Anda menjalankan sebuah aplikasi, biasanya meninggalkan sisa data penyimpanan yang berkelanjutan, yang sering disebut cache. Nah, jika hal ini tidak Anda perhatikan, jelas akan semakin menumpuk cache di dalam HP Anda. Penumpukan cache inilah yang bisa membuat handphone menjadi lemot.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi HP lemot adalah dengan melakukan penghapusan cache secara berkala. Adapun caranya dengan masuk ke pengaturan, kemudian menuju penyimpanan (storage), lalu tekan cache data (cache files), dan OK. Penghapusan cache ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi, baik bawaan HP itu sendiri atau mendownload terlebih dahulu.

4. Menghapus Chat yang Tidak Penting

Banyaknya chat yang Anda lakukan sebenarnya memakan banyak memori internal dalam smartphone. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, akan menjadi salah satu faktor HP menjadi lemot. Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk menghapus chat-chat yang sudah tidak penting secara berkala. Chat yang sudah lama juga tidak perlu disimpan. Simpanlah chat-chat yang dirasakan memang masih penting untuk disimpan.

5. Menghindari Penggunaan Widget yang Berlebihan

Widget merupakan ikon sebuah aplikasi yang ditampilkan di layar utama smartphone. Hanya dengan menekan ikon tersebut, Anda sudah dapat langsung masuk ke aplikasi yang dimaksud dan menggunakannya, tanpa harus masuk ke bagian menu terlebih dahulu. Sebenarnya, widget ini memang sangat membantu Anda dalam mempersingkat waktu penggunaan aplikasi. Selain itu, tampilan layar utama smartphone juga semakin menarik dan lucu dengan adanya berbagai bentuk widget.

Hanya saja, penggunaan widget yang berlebihan di layar utama handphone ternyata juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan HP lemot. Oleh karena itu, batasi penggunaan widget tersebut. Akan lebih baik jika Anda hanya memasang maksimal tiga buah widget saja. Jadi, pilihlah yang memang benar-benar penting dan sering Anda gunakan.

6. Menghindari Penggunaan Live Wallpaper

Mempunyai live wallpaper memang bisa membuat tampilan smartphone Anda terlihat lebih indah. Sayangnya, tampilan seperti ini membuat kinerja smartphone Anda menjadi lebih lambat. Nah, agar loading smartphone Anda tidak berat, sebaiknya gunakan wallpaper yang sederhana saja dan ukurannya pun yang sedang saja. Jangan khawatir, saat ini sudah banyak tersedia wallpaper sederhana namun sangat ciamik untuk dipasang di layar depan smartphone Anda. Anda tinggal memilih salah satunya.

7. Mengatur Kecerahan HP secara Manual

Mempunyai smartphone yang bisa mengatur sendiri kecerahannya memang sangat menguntungkan. Sebab, tanpa harus repot selalu mengatur kecerahan HP, dengan sistem auto brightness, secara otomatis smartphone akan mengatur sendiri pencahayaan yang diterima HP saat Anda berpindah-pindah lokasi.

Sayangnya, penggunaan auto brightness ini ternyata dapat membuat kinerja HP menjadi lambat. Tidak hanya itu, pemakaian daya baterai pun juga semakin banyak sehingga mudah lowbat. Oleh karena itu, hindari penggunaan fitur ini. Tidak ada salahnya jika Anda mengatur kecerahan HP secara manual.

Baca juga : Aplikasi Android Terbaik Saat Ini

8. Memeriksa Ketersediaan Memori Smartphone

Jika dengan cara-cara di atas ternyata smartphone Anda masih lemot, coba periksa ketersediaan memori handphone Anda. Pastikan HP Anda masih mempunyai sisa ruang penyimpanan yang banyak. Minimal, 20 persen dari kapasitas penyimpanan dalam kondisi kosong. Misal, kapasitas memori HP Anda 8 GB, maka maksimal penggunaannya adalah 7 GB. Semakin banyak ruang kosong yang tersedia, semakin cepat kinerja HP Anda.

Lalu, bagaimana jika ternyata sisa ruang kosong yang tersedia sangat sedikit? Hanya ada dua cara mengatasi HP lemot karena minimnya memori ini. Pertama, hapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan atau galeri yang tersimpan, seperti foto, video, atau musik. Kedua, menambah memori HP dengan memasang memori eksternal, yang biasa disebut Micro SD.

9. Merestart Perangkat Smartphone secara Rutin

Hal yang paling mudah dan cepat untuk mengatasi HP yang lemot adalah dengan merestart ulang smartphone Anda. Dengan cara ini, semua aplikasi yang sedang berjalan secara otomatis akan langsung dihentikan, sekaligus pembersihan cache yang masih tersimpan. Kinerja smartphone pun akan kembali ke mode awal. Dengan cara seperti ini, kinerja smartphone pun akan kembali cepat seperti awalnya. Oleh karena itu, jangan tunggu sampai smartphone lemot, lakukan restart perangkat secara rutin.

10. Selalu Upgrade Sistem Operasi

Meng-upgrade sistem operasi dalam smartphone agar selalu dalam kondisi baru bisa menjadi solusi untuk mengatasi HP yang lemot. Sebab, biasanya dalam sistem operasi terbaru sudah disertai sistem untuk meningkatkan kinerja HP. Oleh karena itu, jangan ragu untuk meng-upgrade sistem operasi sebagai salah satu cara mengatasi HP lemot. Hanya saja, untuk bisa meng-upgrade sistem operasi, Anda memang membutuhkan smartphone yang memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Lemot Agar Ngebut Lagi"

Posting Komentar

Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel