Software Edit Video Terbaik saat ini

Proses editing video merupakan salah satu tahapan penting dalam videography. Pada proses ini, segala data atau sumber video yang telah dikumpulkan akan disatukan menjadi sebuah kesatuan berupa film atau klip. Saat ini banyak sekali software editing video bisa ditemukan baik secara gratis maupun berbayar. Tentu saja pilihan software tidak hanya berpengaruh pada hasil yang didapat, namun juga kemampuan masing-masing PC yang berbeda-beda.
Software Edit Video Terbaik

Jika anda hanya membutuhkan editing video untuk sekadar memasukan tulisan ataupun penggabungan video sederhana, tentu anda tidak membutuhkan software dengan feature yang sangat lengkap. Berikut  4 software edit video terbaik untuk PC:

Software Edit Video

1. Adobe Premiere Pro

Adobe sudah dikenal lama sebagai salah satu perusahaan editing grafis terbaik dan terpercaya. Adobe Premiere Pro menjadi salah satu software editing video yang dipakai oleh banyak profesional. Banyak tool dan feature yang diberikan kepada pengguna untuk mengolah berbagai kebutuhan video. Selain itu software ini juga mendukung arsitektur prosesor 64-bit yang mampu memproses kebutuhan editing dengan lebih cepat dan mendetail.

Untuk memasukan data, adobe memberikan kapasitas hingga 99 kolom untuk video dan audio. Software ini juga memungkinkan untuk menghubungkan dan menyimpan video langsung dari kamera perekamannya. Detail editing tiap video juga memungkinkan pengguna mengedit video hingga 0,01 detik. Kelebihan lainnya adalah banyaknya efek dan kemampuan yang tersedia untuk menjadikan hasil video yang detail dan sempurna. Dalam proses editingnya, Premiere Pro juga mampu membuat video animasi yang terintegrasi dengan software lain dari Adobe seperti After Effect.

Karena kemampuannya yang komplit dan sangat detail ini, ukuran file dan data instalasi yang dibutuhkan juga sangat besar. Selain itu untuk menunjang kinerja Adobe Premiere, dibutuhkan pc dengan spesifikasi cukup tinggi. Untuk versi terbarunya.

Untuk menjalankan Adobe Premiere dengan lancar, disarankan PC pengguna menggunakan prosesor minimum Intel I5 atau AMD sekelasnya, RAM minimal 8GB dengan dukungan kartu grafis minimum 2GB. Kebutuhan ini sangat mutlak untuk menjalankan program sekelas Adobe Premiere Pro agar tidak menjadi kendala pada saat proses editing video. Dengan kualitas editing yang ditawarkan, sudah jelas Adobe Premiere Pro adalah Software edit video terbaik yang paling lengkap.

Ada 2 versi dari Adobe Premiere Pro yakni versi CS (Creative Suite) dan versi CC (Creative Cloud). Versi CS yang ditujukan untuk editing video langsung dengan data yang telah tersedia di harddisk pc. Pengguna versi ini juga diharuskan membeli produk dan lisensi yang berlaku seumur hidup.

Sementara versi CC memungkinkan penyimpanan digital dalam proses editing video. Adobe sendiri memberikan cloud storage sebesar 20GB agar pengguna versi ini bisa mengerjakan video dimanapun dan kapanpun selama tersedia jaringan internet. Lisensi untuk versi CC ini tersedia dalam berbagai paket dengan harga lebih terjangkau dibanding versi CS. Tentu saja, paket ini memiliki keterbatasan tenggang waktu.

Baca juga : Aplikasi Edit Suara Terbaik Android saat ini

2. Magix Vegas Pro

Vegas Pro menjadi salah satu software editing paling user friendly yang mudah dipakai oleh pemula sekalipun. Pengguna bisa memanfaatkan bermacam template yang tersedia baik untuk pengaturan editing, hingga pengaturan format hasil render-nya. Disamping itu, banyak efek yang bisa dipilih untuk memberikan atmosfer yang beragam untuk kebutuhan video. Program ini juga mendukung editing video 4K yang beresolusi besar.

Vegas Pro juga tidak memaksa penggunanya harus menggunakan hardware PC dengan spesifikasi tinggi. Untuk seri Vegas Pro 16 terbaru, software ini hanya membutuhkan prosesor dengan kecepatan minimum 2GHz, ram 4Gb, 500gb ruang penyimpanan instalasi, serta VGA dengan memory 512mb saja.

Vegas Pro juga bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi mulai windows 7, windows 8, 8.1, 10 yang tentunya memiliki konstruksi 64-bit. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan penggunanya. Untuk pengguna yang memiliki spesifikasi PC menengah, Magix Vegas Pro adalah Software edit video terbaik yang sangat direkomendasikan.

3. Corel Video Studio

Corel memang dikenal sebagai salah satu developer olah grafis yang populer di kalangan desainer grafis. Namun Corel juga mengembangkan salah satu software editing video bernama Corel Video Studio. Program ini dirancang dengan berbagai fasilitas yang User Friendly sehingga dapat dipakai oleh siapapun. Penggunaan yang mudah ini didukung dengan berbagai pilihan efek yang dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan editing video.

Corel juga memberikan panel preview yang cukup besar agar penggunanya bisa melihat langsung hasil editingnya secara nyaman. Storyboard panel yang menampilkan video dan audio yang diedit juga cukup nyaman diakses oleh pengguna pemula sekalipun.

Kendati software ini cocok untuk pemula, banyak hal-hal teknis yang terasa terabaikan oleh pengembangnya. Preview videonya tidak memiliki tombol maju-mundur sehingga pengguna harus melihat secara utuh. Beban yang diterima memory pada saat mengoperasikan program ini juga cukup tinggi, sehingga sering kali program lambat pada saat pengerjaan. Ini tentu tidak baik untuk pengguna yang memiliki kapasitas RAM kecil. Kekurangan lainnya adalah fungsi zoom pada panel storyboard masih terbatas.

Corel Video Studio membutuhkan spesifikasi PC yang tidak terlalu tinggi. Prosesor minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan program ini adalah Intel Core i3 or AMD A4 3.0GHz , RAM 4 GB dengan VRAM 256mb, dan penyimpanan 4GB untuk instalasinya. Corel Video Studio dapat berjalan pada sistem operasi Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan disarankan yang berarsitektur 64 Bit.

Meskipun untuk keperluan professional software ini masih banyak kelemahan,  Corel Video Studio tetaplah salah satu software edit video terbaik yang bisa ditemui oleh editor pemula.

Baca juga : Aplikasi Edit Video Terbaik Android Saat ini

4. AVS Video Editor

Jika anda mencari software editing video yang tidak berbayar namun menyedikan berbagai kebutuhan yang anda perlukan untuk sekedar mengedit video sederhana, AVS Video Editor bisa menjadi pilihan. Software ini memiliki ukuran instalasi yang relatif kecil dibanding software editing video lainnya.
Software Edit Video

AVS Video Editor sangat cocok untuk kebutuhan editing ringan seperti editing video dasar seperti memotong video, memasukan teks maupun tulisan, serta menambahkan audio. Program ini juga tidak memakan memory PC, sehingga pengguna dapat dengan mudah memindahkan file video yang akan diedit dengan cepat dan melakukan berbagai proses pengeditan yang tersedia.

Karena memang ditujukan untuk pengguna awam dan kebutuhan terbatas, AVS Video Editor tidak memiliki banyak pilihan editing kreatif seperti software profesional lainnya. Program ini juga tidak menunjang detail editan hingga 0,01 detik. Kendati demikian, AVS menyertakan 300 lebih pilihan efek video dan transisi yang bisa dipilih untuk berbagai atmosfer dan kebutuhan video kreatif.

AVS Video Editor bisa berjalan pada prosesor kelas bawah seperti  Intel Core Duo 1.8 GHz. Core i3, AMD Athlon 64 X 3800+ 2.0 GHz atau di atasnya. Untuk memori, RAM berkapasitas 2GB sudah cukup menjalankan program ini. Dengan kualitas program yang ringan dan mudah ini, AVS Video Editor merupakan software edit video terbaik untuk kebutuhan editing video ringan.

Belum ada Komentar untuk "Software Edit Video Terbaik saat ini"

Posting Komentar

Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel