Cara Meningkatkan IQ Agar Menjadi Pribadi Cerdas

Intelligence Quotiens atau yang biasa disebut IQ adalah kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh seseorang. Kecerdasan intelektual berkaitan erat dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seseorang.

Kecerdasan ini digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan seperti kemampuan memecahkan masalah, kemampuan merencanakan, kemampuan menalar, kemampuan memahami gagasan, kemampuan menggunakan bahasa, kemampuan berpikir abstrak, serta kemampuan dalam belajar. IQ setiap orang itu berbeda-beda, namun ada beberapa cara meningkatkan IQ anda agar lebih maksimal.
Cara Meningkatkan IQ

Sifat dasar manusia

Manusia pada dasarnya memiliki 2 sifat dasar, yang dapat mempengaruhi IQ seseorang :

1. Growth Mindset adalah sifat dasar seseorang yang percaya bahwa sifat, bakat, kemampuan, serta apapun dapat dikembangkan melalui belajar, usaha, serta latihan (tidak perduli seberapa sulit dan berat rintangan yang harus dihadapi).

2. Fixed Mindset adalah sifat dasar seseorang yang biasanya memiliki pemikiran dimana segala sesuatu itu sulit sekali/tidak dapat dirubah (fix). Orang-orang yang memiliki sifat dasar ini merasa sifat, bakat, serta kebiasaan itu tidak dapat dirubah karena sudah bawaan sejak lahir/lingkungan, bahkan sudah takdir dari sananya.

Faktanya adalah kesuksesan akan mudah anda raih jika anda memiliki Growth Mindset, namun sebaliknya kesuksesan akan mustahil anda capai, ketika anda memiliki sifat Fixed Mindset, karena sifat ini akan selalu membatasi peluang dan kesempatan dalam hidup anda, rasa takut akan kegagalan akan membuat orang dengan sifat ini tidak mau untuk mencoba lagi.

Karena itulah rata-rata orang dengan sifat Fixed Mindset ini akan sebisa mungkin menghindari tantangan yang ada, melakukan hal-hal yang berada pada zona nyaman, sehingga banyak orang dengan sifat ini yang bertahan dengan pekerjaan yang menyiksa diri, dan tak kunjung pindah.

Sebaliknya orang dengan Growth Mindset, melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri serta terus berkembang. Memiliki pemikiran terbuka sehingga mau menerima masukan ataupun pelajaran dari berbagai sumber maupun orang, dengan senang hati menerima tantangan baru, serta bertahan lebih lama (konsisten) disaat sulit.

Jadi, bagi anda yang merasa minder karena kurang cerdas, pelupa, merasa bodoh, dan sebagainya, ingatlah bahwa anda dapat meningkatkan kecerdasan IQ sampai kapanpun asal anda niat untuk belajar, serta memiliki mindset untuk terus berkembang (Growth Mindset).

Faktor yang dapat mempengaruhi Kecerdasan Intelektual (IQ)

Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan intelektual seseorang, diantaranya adalah :

1. Faktor genetis/biologi 

Adalah faktor yang ditentukan oleh sifat yang telah dibawa sejak seseorang dilahirkan. Batas kecakapan serta kesanggupan seseorang untuk menyelesaikan masalah, biasanya bergantung pada faktor bawaan yang orang tersebut miliki.

2. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan atau yang disebut juga faktor pembentuk adalah faktor eksternal yang ada dalam lingkup kehidupan seseorang. Karena pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang biasanya berkaitan dengan lingkungan dimana orang tersebut tinggal.

3. Faktor minat serta pembawaan yang khas

Adalah faktor yang sangat berhubungan dengan rasa emosional tertentu pada diri seseorang. ketika anda menyukai sesuatu, maka biasanya anda akan melakukan berbagai tindakan yang mampu mendorong diri untuk mempelajari sesuatu hal yang menarik bagi anda.

4. Faktor kebebasan

Adalah dimana anda memiliki kebebasan untuk memilih berbagai hal yang menarik bagi anda, serta mendorongnya untuk mempelajari sesuatu yang menjadi minat serta hobi anda. Anda juga memiliki kebebasan dalam hal memilih permasalahan sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Faktor kematangan

Adalah salah satu faktor yang juga mempengaruhi tingkat IQ anda, semakin bertambah usia anda, maka perkembangan organ yang semakin tumbuh akan mengiringi perkembangan IQ pula.

Cara meningkatkan IQ dengan praktis dan mudah

Berikut ini beberapa metode yang relatif praktis dan murah yang dapat anda terapkan untuk meningkatkan IQ anda :

1. Awalilah selalu pagi anda dengan sarapan

Ada satu rutinitas pagi yang sangat penting yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang, dengan alasan sibuk atau karena ingin diet, yaitu sarapan pagi. Sarapan adalah momentum yang paling tepat, dalam melakukan isi ulang glukosa, karena hampir selama 8 jam tubuh anda tidak mendapat asupan makanan apapun ketika tidur.

Glukosa merupakan sumber tenaga bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk berpikir. Sarapan merupakan aktivitas yang memiliki segudang manfaat, seperti dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi, daya ingat, kinerja mental, mood, serta kemampuan untuk memecahkan masalah. Jadi, apabila anda ingin kemampuan kognitif anda dapat bekerja secara lebih optimal, maka mulailah rutinitas harian anda dengan sarapan pagi.

2. Teruslah belajar

Mempelajari hal-hal baru setiap hari, akan merangsang otak untuk membuat arus saraf baru, sehingga kemampuan IQ anda akan meningkat. Jangan membiarkan otak anda santai dalam waktu sejenak, coba untuk keluar dari zona nyaman anda, serta pelajari hal-hal baru dari berbagai hal yang belum anda ketahui sebelumnya. Semakin banyak yang anda pelajari, maka semakin meningkat kemampuan IQ anda.

Baca juga : Cara Belajar yang Efektif dan terbukti Efisien

3. Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat

Otak juga membutuhkan banyak nutrisi agar dapat berfungsi secara optimal, atau dengan kata lain cara meningkatkan IQ dapat diusahakan dengan perantara makanan yang banyak mengandung nutrisi bagi otak.zat-zat nutrisi yang baik bagi otak seperti omega 3, antioksidan, oksigen, serta vitamin E.

4. Beristirahat secara berkala disela-sela belajar

Sekeras apapun usaha yang anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan IQ anda, usahakan untuk selalu beristirahat disela-sela waktu belajar anda. Misal, anda belajar selama 20 menit, lalu beristirahatlah selama kurang lebih 5 menit. Metode seperti ini justru lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan otak anda, dibandingkan terus menerus belajar tanpa istirahat.

Baca juga : Cara Fokus Belajar Agar Mudah dalam Berkonsentrasi

5. Rutin berolahraga

Ternyata berolahraga dapat membuat kemampuan otak meningkat, karena ketika tubuh anda aktif bergerak, oksigen akan semakin terpompa, sehingga proses neurogenesis pun akan menjadi lebih optimal. Sehingga IQ pun semakin meningkat, karena terciptanya sel-sel otak yang baru.

6. Melakukan rutinitas anda sehari-hari dengan cara yang berbeda

Lakukanlah tantangan pada otak anda untuk membentuk koneksi dan jalur baru dengan melakukan hal-hal yang biasa anda lakukan menjadi berbeda secara otomatis. Misal, mandi dengan urutan yang berbeda dari biasanya, atau menggosok gigi dengan tangan yang lain, memakai sepatu dan kaus kaki berbeda dari biasanya, dan apapun yang dapat anda lakukan dengan cara yang berbeda, maka lakukanlah.

Hal ini akan membentuk jalur dan koneksi baru diotak anda, sehingga akan memberikan tantangan pada otak anda untuk mempelajari kembali perubahan-perubahan tersebut yang akan membuat otak lebih produktif.

7. Lakukanlah rileksasi

Rileksasi ternyata tidak hanya bagus untuk mengatasi stres dan suasana hati, tetapi juga baik untuk meningkatkan fungsi otak. Rileksasi terbukti membantu meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi, ingatan, dan kesabaran, serta dapat membuat anda rileks.

Lakukanlah 30 menit setiap hari, atau anda dapat melakukannya 2-3 kali sehari dengan membagi waktu selama 10 atau 15 menit. Akan lebih baik jika anda melakukannya, setelah berolahraga, ketika bangun pagi, atau sebelum tidur malam.

8. Membaca cepat (Teknik photo reading)

Teknik ini mengajarkan anda untuk menggunakan pikiran sadar dan alam bawah sadar ketika sedang membaca. Teknik photo reading relatif mudah dipelajari, dan dapat membantu anda memproses informasi tertulis dalam jumlah yang besar namun dalam tempo yang relatif singkat.

Langkah awal yang dapat anda lakukan dalam menggunakan metode ini adalah dengan melibatkan potensi pikiran sadar anda, lalu kemudian menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan kemampuan memahami materi. Metode ini juga dianggap lebih efektif dibandingkan dengan metode tradisional.

9. Melibatkan semua panca indera dalam proses belajar

Banyak para ilmuwan yang telah membuktikan bahwa belajar dengan melibatkan indera-indera yang ada pada tubuh seperti penglihatan, emosi, suara, orientasi ruang, timbal balik, bahkan indera perasa dan pengecap dianggap sangat efektif untuk meningkatkan IQ dibandingkan dengan cara tradisional. Bahkan, otak dapat merespon lebih cepat berbagai jenis permasalahan dengan menggunakan bantuan indera.

10. Kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, ternyata dapat berdampak menurunkan IQ, karena dapat menghambat kinerja sel-sel otak. Maka dari itu, kurangilah atau bahkan hindarilah konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

11. Mencari pengalaman baru

Ketika setiap hari anda melakukan hal yang sama, maka otak seakan bergerak secara otomatis. Otak nyaman dengan yang ada, sehingga berhenti mengambil stimulan. Akan berbeda ketika anda mendapatkan pengalaman baru, otak akan terbangaun dan memasukkan semua informasi yang didapat, kemudian berputar untuk melakukan perubahan.

Anda dapat mengunjungi tempat yang baru, atau mencoba makanan yang baru, untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Sehingga kebutuhan anda akan pengetahuan semakin luas, dan sebagai bekal untuk masa depan.

12. Mempelajari sesuatu yang baru

Ketika anda belajar sesuatu yang baru, maka akan membantu otak aktif belajar dan membuat koneksi baru yang sebelumnya tidak mungkin. Mempelajari hal yang baru seperti bermain panahan, melempar atau menangkap beberapa bola sekaligus, mempelajari bahasa asing, atau hal-hal apaun yang belum pernah anda lakukan sebelumnya, akan membuat otak bekerja pada jalur baru, sehingga menjadi salah satu cara meningkatkan IQ.

13. Konsumsilah protein ketika sarapan pagi

Nutrisi pada protein dapat membantu otak meningkatkan produksi neurotransmitter, sehingga dapat meningkatkan level norepinefrin dan dopamin, yang semuanya dapat meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan memecahkan masalah. Protein sangat penting bagi sarapan pagi anda, karena akan membantu anda untuk lebih siap dan semangat dalam menjalani aktivitas.

Berbeda dengan gula, yang hanya akan menyebabkan anda mengantuk dalam beberapa jam, membuat anda lapar dari sebelumnya, bahkan membuat anda menjadi lamban.

14. Kurangilah atau hindarilah menonton televisi

Ternyata menonton televisi dapat merangsang otak untuk malas berpikir hal-hal yang sulit. Tidak hanya itu, menonton televisi juga akan mengurangi tingkat konsentrasi anda, sehingga akan mempersulit anda untuk meningkatkan kemampuan IQ.

15. Berpikirlah positif dalam keadaan apapun

Dengan berpikir positif dan optimis dalam setiap keadaan dan situasi, dapat merubah anda menjadi lebih baik, lebih bijak, lebih cerdas, serta lebih sukses. Optimis bahwa anda memiliki value dalam hidup ini, ada banyak hal yang dapat anda lakukan dan kerjakan. Jadi, dengan selalu berpikir positif adalah salah satu cara meningkatkan IQ anda.

Demikian informasi tentang cara meningkatkan IQ agar menjadi pribadi yang cerdas. Semoga bermanfaat. [www.kangmasian.com]

Belum ada Komentar untuk "Cara Meningkatkan IQ Agar Menjadi Pribadi Cerdas"

Posting Komentar

Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel