Cara Mengurus Uang yang Nyangkut di Mesin ATM

Kecangihan teknologi tidak menjamin berjalannya sistem secara sempurna, ada kalanya sistem itu error atau ada celah kelemahan yang menyebabkan sistem berjalan tidak pada tempatnya.

Beberapa waktu lalu saya mengalami kejadian mesin ATM error dan alhamdulillah dapat terselesaikan dengan baik atas kerjasama saya dan pihak bank.

Tulisan ini dibuat untuk membantu kamu mengatasi masalah yang serupa, karena error seperti ini bisa terjadi di mesin ATM mana saja.

Jenis - Jenis Error pada Mesin ATM

Maksud error disini adalah berbagai macam masalah yang sering dialami saat ambil uang di mesin ATM. Ada beberapa kasus seperti :

  1. Ambil uang di mesin ATM, uang tidak keluar tetapi saldo terpotong.
  2. Transfer uang ke bank lain, saldo terpotong tetapi uang tidak masuk rekening tujuan.
  3. Ambil uang tetapi uang yang keluar kurang.
  4. Ambil uang tetapi uang keluar dengan posisi berantakan.
  5. Kartu ATM tertelan
  6. Ambil uang, uang yang keluar dengan posisi berantakan sampai jatuh ke lantai dan jumlahnya kurang.
Dan saya alami kejadian nomor 6.


Kronologi Uang tertelan Mesin ATM

Selasa, 11 Juni 2019

Sekitar jam 5 sore saya ambil uang di mesin ATM Bank Mandiri PB21. ATM Mandiri yang di sini pecahan 100 rb. Ambil uang yang pertama 2.500.000 berhasil, ambil kedua 1.300.000, uang keluar dengan kondisi berantakan dan nyembur keluar sampai jatuh ke lantai.
Transaksi

Otomatis reflek ambil uang yang tercecer di lantai.. cek di mulut mesin ATM masih ada beberapa lembar uang yang terjepit di dalam (kelihatan dari luar cuma sedikit). Beberapa detik kemudian itu uang bukanya keluar malah masuk ke dalam.

Setelah saya hitung ternyata yang jatuh di lantai ada 900 rb, berarti fiks 400 rb masuk lagi ke mesin ATM.

Tunggu beberapa menit kali aja itu uang keluar lagi… dan hasilnya NIHIL..

Untuk memastikan tidak ada uang yang menyumbat di mulut ATM, saya ambil uang untuk yang ketiga kalinya sebesar 100 rb. Kalau ATM nya eror uang 100 ribu pasti gak bisa keluar kan.

Dan uang 100 ribu ini keluar secara normal, gak pakai acara jatuh ke lantai kayak sebelumnya. Ini yang error kayaknya sistem geh..

Cek riwayat transaksi menggunakan Mandiri Online (Mobile banking). Dan transaksi dinggap sukses saldo terpotong 3 kali 2,5 jt, 1,3 jt dan 100 rb.

Mencoba tenang.. menghubungi call center mandiri di 14000. Ceritakan kejadian A-Z.. “Pak... laporan sudah kami terima.. saldo akan dikembalikan dalam jangka waktu 3-4 hari kerja”.

Dari sinilah cerita berlanjut…

Jumat, 14 Juni 2019

Sudah 4 hari kerja.. cek mobile banking. Mana nih.. kok gak masuk 400 rb.

Senin, 17 Juni 2019

Datang ke kantor Bank Mandiri. Laporan saya via tlp ditolak.
Buat laporan pengaduan secara tertulis, dan suruh nunggu sekitar 4 hari kerja.

Kamis, 20 Juni 2019

Sudah 4 hari kerja belum juga ada kabar. Telp call center mandiri 14000. Menanyakan status pengaduan.

Selasa, 25 Juni 2019

Datang ke kantor Bank Mandiri. Antri ke CS. Sampai sini dapat info yang intinya pengaduan laporan tertulis tangal 17 kemaren DITOLAK. (transaksi berhasil, ATM gak ada masalah).

Karena ditolak, dapat saran dari CS untuk buka CCTV. Ok.. buat laporan tertulis pengajuan buka CCTV ke pusat. Tunggu sekitar 10 hari kerja.
Tanda terima pengaduan

Jumat, 5 Juli 2019 

Sebelum ke Bank mandiri saya coba telp call center mandiri. dari sini dapat info bahwa CCTV tidak tersedia. Lah.. maksudnya gimana ini mbk ? kok CCTV tidak tersedia ???

Hari itu juga langsung mampir ke kantor mandiri. Antri ke CS. Sampai sini intinya CCTV memang tidak tersedia dari pusat.

Buat Laporan ulang buka CCTV lagi. Tunggu 10 hari kerja.

Kamis, 19 Juli 2019

Langsung ke kantor bank Mandiri. antri ke CS. Alhamdulillah  CCTV sudah tersedia. Untuk membukanya harus laporan dulu ke pusat mas.. (kirim email untuk minta izin buka CCTV dari pusat). Harus nunggu 3-4 hari. Woke.. ra po2..

Jumat, 2 Agustus 2019

Telp call center mandiri. CCTV memang sudah tersedia dari pusat. Tapi bank mandiri belum mengirimkan email ke pusat untuk minta izin buka CCTV.

Datang lagi ke kantor mandiri. Antri ke CS. “Mbak.. kok bank mandiri belum kirim email ke pusat untuk minta izin buka CCTV ??” Maaf mas.. komputer lagi error jadi system direset.

Laporan lagi.. nunggu sekitar 14 hari.

Jumat, 16 Agustus 2019

Telp call center mandiri. CCTV memang sudah tersedia dari pusat. Tapi bank mandiri belum mengirimkan email ke pusat untuk minta izin buka CCTV.

Tak datangi lagi kantor mandiri. Antri ke CS. Intinya CCTV sudah tersedia.. Cuma saat dibuka gak bisa Running mas.. (gak bisa konek).

Oke.. tunggu lagi sekitar 14 hari kerja.

Jumat, 30 Agustus 2019

Datang lagi ke kantor mandiri. Antri ke CS. Dari CS diarahin ke Manager operasional KCP Metro. CCTV sudah bisa dibuka mas. Oke kita liat. Bla.. bla..bla.. blah.. fiks.. dari CCTV terlihat saya memang ambil uang dan uangnya keluar berceceran di lantai. Bahkan manager bisa menghitung hanya 9 lembar yang saya ambil dari mesin ATM.

Karena sudah terbukti. Saya buat laporan yang terakhir. Intinya tentang pengembalian dana. Untuk ini prosesnya paling lama 5 hari kerja.

Jumat, 9 September 2019

Lebih dari 5 hari kerja kok ya gak masuk itu duit.. ada yang eror lagi kah..
langsung telp call center mandiri. Info dari sini intinya uang akan dikembalikan paling lama tanggal 10 September 2019 pukul 23.59.

Selasa, 10 September 2019

Sore sekitar jam 16.30 ada transaksi masuk 400 rb dengan kode MTS. Alhamdulillah uang sudah kembali.

kode MTS
Tentu bukan masalah nominalnya yang hanya 400 rb, lebih dari itu ada proses SOP yang harus kita ketahui, agar kedepannya jika terjadi hal serupa saya bisa menangani dengan cepat.

Coba bayangkan.. maksimal pengambilan uang di mesin ATM untuk pecahan 100 rb sebesar Rp. 2.500.000 (sekali tarik).

Jika terjadi error seperti kasus saya di atas, apa yang akan kamu lakukan ??

Misalnya uang keluar hanya 500 rb, yang 2 juta tertelan lagi di mesin ATM, tetapi struk tertulis 2.500.000 ??

Cara Mengurus Uang yang Nyangkut di Mesin ATM

Biar kamu gak pusing dengan kasus di atas, urutan garis besarnya seperti ini:

  1. Telp call center
  2. Laporan langsung ke bank (cek sistem)
  3. Laporan langsung ke bank (cek mesin ATM)
  4. Laporan langsung ke bank (buka CCTV)
  5. Pengembalian uang

1. Telp call center

Tujuannya untuk laporan cepat, apalagi kalau kejadiannya malam hari atau hari libur, jangan nunggu besok saat bank buka, tetapi segera tlp call center.

Jika memang ada kesalahan di sistem dan terdeteksi di sana, uang kamu akan dikembalikan dalam jangka waktu 3-4 hari kerja. Tetapi jika laporanmu di tolak (3-4 hari uang gak kembali), segera lakukan langkah kedua.

2. Laporan langsung ke bank (cek sistem)

Langkah kedua langsung datang ke bank. Temui CS yang disana. Sampaikan kronologi kejadian. Kamu akan dibuatkan laporan tertulis dan mendapatkan nomor pengaduan.

Disini bank akan melakukan cek sistem, apakah ada transaksi yang error atau tidak. 

Jika ternyata tidak ditemui error di sistem, berarti laporanmu DITOLAK.

Lakukan langkah ketiga

3. Laporan langsung ke bank (cek mesin ATM)

Langkah ketiga ini adalah banding karena laporan tertulis pertama ditolak. Kamu akan mendapat bukti pengaduan baru seperti laporan pertama tetapi dengan nomor yang berbeda.

Pihak bank akan melakukan investigasi terhadap mesin ATM, jika benar ditemukan masalah, uangmu akan segera dikembalikan.

Tetapi jika mesin ATM tidak ditemukan masalah, pengajuan banding kamu ini pasti ditolak.

Segera lakukan langkah terakhir

4. Laporan langsung ke bank (buka CCTV)

Ini adalah langkah terakhir, pengajuan buka CCTV, dengan CCTV yang ada, pihak bank akan melakukan investigasi.

Jika terbukti benar, mesin ATM bermasalah, uang kamu akan segera dikembalikan.

Tips buat kamu yang mau ambil uang di ATM

1. Mesin ATM sesuai Rekening Bank

Usahakan ambil uang sesuai ATM rekening Bank yang kamu miliki. Jadi kalau mandiri ya ke ATM Mandiri. Kalau beda bank dan terjadi seperti kasus saya di atas, urusannya lebih ruwet bin njelimet karena melibatkan 2 bank.

2. Lihat kamera CCTV sejenak

Saat masuk ATM jangan langsung masukan kartu. Diam beberapa detik dan liat kamera CCTV terdekat. Bila perlu selfie sekalian. Tujunnya agar wajah kamu terekam dengan jelas di CCTV.

Pada kasus di atas, wajah saya tidak terlihat dengan jelas karean fokus ke monitor ATM. Saat pengecekan CCTV, Manager bank akan menayakan ciri-ciri kamu saat ambil uang di ATM. Pakai baju apa ? warna apa ? pakai tas gak ? ada orang gak sebelum kamu ambil uang di ATM dll. Kalau wajahmu terlihat jelas, mungkin gak akan banyak pertanyaan seperti kasus saya.

3. Hitung uang di dalam agar terekam CCTV

Setelah uang keluar dari mesin ATM, jangan buru-buru keluar. Hitung pelan-pelan kayak kamu ngitung gaji pertama kamu. Hitung dengan posisi tangan agak ke atas supaya terlihat CCTV.

Pada kasus di atas, saya hitung beberapa kali dengan posisi tangan agak ke atas, dan benar.. jumlah yang saya hitung itu terekam CCTV sebanyak 9 lembar.

Saat si manager liat CCTV beliau juga bisa menghitung hanya 9 lembar uang yang saya terima. Ini akan memudahkan proses pengembalian uang.

4. Segara Telp Call Center

Saat kamu ambil uang dan terjadi masalah seperti di atas, tahan setiap orang yang akan menggunakan mesin ATM itu. Segera telp call center mandiri di 14000. Ceritakan kronologinya dari A sampai Z.
Setelah laporan diterima, barulah kamu bisa pergi dari mesin ATM tersebut dengan tenang.

Demikian informasi tentang cara mengurus uang yang tertelan di mesin ATM dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengurus Uang yang Nyangkut di Mesin ATM"

Posting Komentar

Hanya komentar tertentu yang ditampilkan.
1. Gak boleh nyepam ya sob...
2. Dilarang menyertakan link aktif.
3. Saya jawab pertanyaan sesuai pembahasaan dalam artikel.
4. Sebelum bertanya, coba cari dulu di kotak pencarian. Kali aja pernah saya bahas.

Thanks bagi yang sudah berkomentar ^_^
Salam Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel